Langsung ke konten utama

KNOWLEDGE MANAGEMENT


Definisi Manajemen Pengetahuan
            Dari perspektif bisnis, manajemen pengetahuan adalah aktivitas bisnis dengan dua aspek utama: menyatakan komponen pengetahuan dari aktivitas bisnis secara eksplisit perhatian bisnis tercermin dalam strategi, kebijakan, dan praktik di semua tingkatan organisasi; dan membuat koneksi langsung antara aset intelektual organisasi baik eksplisit (direkam) dan diam-diam (pengetahuan pribadi) dan hasil bisnis yang positif. (Barclay dan Murray, 1997).
            Manajemen pengetahuan adalah pendekatan kolaboratif dan terintegrasi untuk penciptaan, penangkapan, pengorganisasian, akses, dan penggunaan aset intelektual perusahaan. (Gray, 1996).
            Dari perspektif ilmu kognitif atau ilmu pengetahuan: Pengetahuan, wawasan, pemahaman, dan pengetahuan praktis yang kita miliki adalah sumber daya fundamental yang memungkinkan kita berfungsi secara cerdas. Lebih waktu, banyak pengetahuan juga ditransformasikan ke manifestasi lain seperti itu sebagai buku, teknologi, praktik, dan tradisi dalam semua jenis organisasi dan di masyarakat pada umumnya. Transformasi ini menghasilkan keahlian terakumulasi dan, ketika digunakan dengan tepat, meningkatkan efektivitas. Pengetahuan adalah faktor utama yang menjadikan personal, organisasi, dan sosial melakukan perilaku cerdas. (Wiig, 1993).

Multidisciplinary Nature of KM
Manajemen pengetahuan mengacu pada sejumlah besar bidang yang beragam seperti sebagai berikut:
■ Ilmu organisasi
■ Ilmu kognitif
■ Linguistik dan linguistik komputasi
■ Teknologi informasi seperti sistem berbasis pengetahuan, dokumen dan manajemen informasi, sistem pendukung kinerja elektronik, dan teknologi basis data
■ Informasi dan ilmu perpustakaan
■ Penulisan teknis dan jurnalisme
■ Antropologi dan sosiologi
■ Pendidikan dan pelatihan
■ Studi mendongeng dan komunikasi
■ Teknologi kolaboratif seperti Komputer yang Didukung Pekerjaan Kolaboratif dan groupware, serta intranet, ekstranet, portal, dan web lainnya teknologi

Mengapa KM hari ini penting?
Penggerak bisnis utama di balik meningkatnya minat hari ini dan penerapan KM terletak di empat bidang utama:
1. Globalisasi bisnis. Organisasi saat ini lebih global multisite, multibahasa, dan multikultural.
2. Organisasi lean. Kami melakukan lebih banyak dan kami melakukannya lebih cepat, tetapi kita juga perlu bekerja lebih pintar sebagai pekerja pengetahuan, mengadopsi sebuah peningkatan kecepatan dan beban kerja.
3. "Amnesia Korporat." Kami lebih mobile sebagai tenaga kerja, yang menciptakan masalah kontinuitas pengetahuan untuk organisasi dan menempatkan tuntutan pembelajaran berkelanjutan pada pekerja berpengetahuan. Kami tidak lagi berharap untuk menghabiskan seluruh kehidupan kerja kami dengan organisasi yang sama.
4. Kemajuan teknologi. Kami lebih terhubung. Kemajuan teknologi informasi tidak hanya membuat konektivitas ada di mana-mana tetapi juga memiliki harapan yang berubah secara radikal. Kita diharapkan "hidup" setiap saat, dan waktu penyelesaian dalam merespons sekarang diukur dalam hitungan menit, bukan minggu.

KM untuk Individu, Komunitas, dan Organisasi
            Manajemen pengetahuan memberikan manfaat bagi karyawan secara perorangan, bagi komunitas praktik dan bagi organisasi itu sendiri. Pandangan KM tiga tingkat ini membantu menekankan mengapa KM penting saat ini.
1. Untuk individu, KM berfungsi:
■ Membantu orang melakukan pekerjaan mereka dan menghemat waktu melalui pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah.
■ Membangun rasa ikatan komunitas dalam organisasi.
■ Membantu orang untuk tetap mendapatkan informasi terbaru.
■ Memberikan tantangan dan peluang untuk berkontribusi.
2. Untuk komunitas praktik, KM:
■ Mengembangkan keterampilan profesional.
■ Mendorong pendampingan sebaya.
■ Memfasilitasi jaringan dan kolaborasi yang lebih efektif.
■ Mengembangkan kode etik profesional yang dapat diikuti oleh anggota.
■ Mengembangkan bahasa yang sama.
3. Untuk organisasi, KM:
■ Membantu strategi penggerak.
■ Memecahkan masalah dengan cepat.
■ Menyebarkan praktik terbaik.
■ Meningkatkan pengetahuan yang tertanam dalam produk dan layanan.
■ Memupuk silang gagasan dan meningkatkan peluang untuk inovasi.
■ Memungkinkan organisasi untuk tetap unggul dalam persaingan.
■ Membangun memori organisasi.

SUMBER
Dalkir, K. (2013). Knowledge management in theory and practice. Routledge.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUSINESS PSYCHOLOGY

Berikut adalah ulasan butir-butir soal Ujian Tengah Semester Psikologi Bisnis III 1.       Yang termasuk Organizational Capital dalam Business Psychology Framework 2019 (new version) adalah: ·          Leadership & Management Style ·          Knowledge Management & Organizational Culture ·          Strategic Intent ·          Infrastructure & Managament Technology 2.       Yang termasuk Human Capital dalam Business Psychology Framework 2019 (new version) adalah: ·          Individual Competencies ·          Teamship Competencies ·          Organizational Competencies ·          Societ...

PENGANTAR PSIKOLOGI BISNIS

PSYCHOLOGICAL CAPITAL DAN PERANNYA DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI ORGANISASI. Artikel kali ini akan memaparkan informasi mengenai pengertian Psychological Capital serta peranannya dalam usaha pengembangan sumber daya manusia di industri dan organisasi.  Psychological Capital dikemukakan oleh Prof. Fred Luthans dalam bukunya yang berjudul “Psychological Capital: Developing the Human Competitive Edge”. Fred Luthans merupakan seorang Professor Management di University of Nebraska. Konsep psychological capital menggabungkan human capital dan social capital untuk memperoleh keuntungan kompetitif melalui investasi atau pengembangan “who you are” and “what you can become” (Luthans & Avolio, 2003; Jensen & Luthan, 2006; Luthans, dkk., 2007). Menurut Luthans, Psychological Capital adalah kondisi perkembangan positif seseorang dengan ciri-ciri atau karakteristik: (1) memiliki kepercayaan diri ( self efficacy ) untuk menghadapi tugas-tugas yang menantang ...

PENGANTAR PSIKOLOGI BISNIS

PERAN PENTING PSIKOLOGI DALAM DUNIA INDUSTRI DAN ORGANISASI      Seperti namanya, psikologi industri dan organisasi memiliki dua hal yang menjadi fokus utama pembahasannya yaitu industri dan organisasi. Walaupun memiliki dua cakupan yang tidak dapat dengan mudah dipisahkan, tetapi keduanya tumbuh dari tradisi yang berbeda dalam kenyataannya di lapangan. Psikologi Industri dan Organisasi merupakan cabang ilmu dari Psikologi yang mengkaji isu-isu yang berkaitan dengan manusia dalam perannya sebagai tenaga kerja dan sebagai konsumen, baik secara perorangan maupun secara kelompok. Pada dasarnya, kajian psikologi industri dan organisasi jatuh dalam domain psikologi klinis karena ada beberapa masalah dalam lapangan yang merupakan ruang lingkup psikologi klinis seperti salah satunya post-traumatic stress disorder (PTSD). SEJARAH DAN PERANAN PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI      Awal kemunculan PIO dalam dunia psikologi diawali oleh seorang Psikolog bern...